Senin, 04 November 2013

DAUR ULANG MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN AMPAS TEBU

DAUR ULANG MINYAK JELANTAH DENGAN MENGGUNAKAN AMPAS TEBU:
Universitas Andalas telah menemukan suatu teknologi daur ulang mengolah minyak jelantah menjadi minyak layak pakai kembali, sebagai solusi mengatasi kesulitan kaum ibu dalam menyiasati keuangan rumah tangga mereka menyusul naiknya harga minyak goreng.
minyak jelantah bisa dipakai kembali dalam keadaan bersih tanpa kotoran, dengan menggunakan ampas tebu sebagai bahan penyerap.
“Bahan penyerap tebu yang sudah dijadikan partikel bisa langsung digunakan dengan mudah oleh ibu-ibu rumah tangga untuk memproses minyak jelantah menjadi minyak layak pakai”.
Langkah-langkah yang harus di lakukan untuk memurnikan minyak jelantah:
1.Kegiatan pertama yang dilakukan adalah minyak jelantah tersebut dianalisa dulu       kandungan FFAnya, kandungan kotoran dan asam lemaknya.Namun minyak goreng yang bagus (baru) juga dianalisa untuk mengetahui FFAnya sebagai perbandingan bagi minyak jelantah.
2.Kemudian menyiapkan ampas tebu yang sudah kering digiling setelah dicuci bersih. Ampas tebu tadi diayak atau disaring untuk diambil dengan ukuran partikel mulai dari 150 mikro meter, 180 mikro meter, 225 mikro meter dan 450 mikro meter.
3. Selanjutnya ampas tebu direndamkan ke dalam minyak jelantah itu (untuk memperoleh kondisi optimum). Untuk berat ampas tebu juga dicari ukuran partikel hingga kondisi optimumnya.”Berat ampas tebu juga dianalisis, setelah kondisi optimumnya diperoleh kita terus melakukan variasi lain yakni perendaman ampas tebu dengan minyak jelantah,” katanya.
4. Dalam perendaman ampas tebu dengan minyak jelantah itu, dicari pula kondisi optimum yang selanjutnya baru minyak jelantah ditetapkan dan dianalisa kandungan FFAnya.
Ternyata dengan menggunakan ampas tebu, minyak jelantah menjadi bagus, dan warna hitam atau coklatnya berkurang karena kotoran berada pada minyak jelantah itu diserap oleh ampas tebu.
Ampas tebu dalam analisa itu berfungsi sebagai bahan penyerap yang bagus dan penggunaan ampas tebu merupakan satu solusi mengurangi limbah padat perkotaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar